Kamis, 11 November 2010

Pengakuanku

Tahajjud Pertamaku
By: A.sholihin

Malam itu…
Kuhampar sajadah di sudut sunyi
Dalam ruang malam yang tenang
Aku datang tanpa diundang
Aku lihat sekelilingku..
Ternyata masih banyak tempat yang kosong
Dan dari sudut yang tak kukenal kumerasa
Ribuan pasang mata tengah menatapku
Tapi tanpa rasa benci


Tatapan damai penuh kehangatan
Yang kurasa dalam dinginnya malam itu
Menyambut baru hadirku
Yang mungkin asing bagi mereka

Lalu ku ambil tempat di ruang tahajjud itu
Ku lepas sifat angkuhku selama ini
Ku buang sifat iriku selama ini
Ku tanggalkan pakaian banggaku selama ini
Aku ingin menggapai suci
Di ruang tahajjd malam pertamaku
Aku menangis tulus
Dalam sujud pertamaku
Berharap setetes saja aku dapatkan
Rahmat yang dibagikan malam itu
Ya…rabb….
Terimalah hadirku..
Yang selamat ini absen oleh nafsuku…
Izinkanlah aku dengan hidayahmu
Tuk selalu hadir dalam tahajjudmu
Bergabung dengan mereka
Yang telah kau beri nikmat itu


Bilik Surga, 2009

Puasa Kosongku
By: A.sholihin

Dalam buaian bulan Ramadlan yang suci
Aku berpura-pura sok suci
Aku berniat di malam hari
Seolah sanggup untuk menata hati
Tapi belum jauh aku melangkah
Saat mentari menampakkan wajah
Ribuan pengkhianatan telah aku lakukan

Perutku berpuasa tapi otakku berfantasi
Mulutku kering tapi pikiranku berselancar di ombak nista
Basah dengan berbagai siraman hina
Dari bibirku yang terus mencela
Mencaci dan menggunjing sesama
Bahkan langkah kakiku lebih gila dari biasanya
Semakin lemahkah aku?
Atau setan yang kian perkasa?
Lalu apa yang bisa membuatku bangga
Puasaku tak ada nilainya
Tarawihku tak ada harganya
Witirku karena terpaksa
Tadarusku riak isinya
Astagfirullah…
Di bulan yang konon penuh berkah
Aku selalu kalah
Oleh nafsuku yang tak pernah mau mengalah


Bilik Surga, 2009


Sholatku Sandiwaraku
By: A.sholihin

Suci sudah aku berdiri menghadap-Mu
air wudlu ini belum kering saat hatiku tak lagi jinak
aku tak tahu apa salahku
aku sholat tapi aku berdosa
aku hanya bersandiwara
pura-pura tunduk di hadap-Mu
tapi jiwaku liar kemana-mana
padahal aku tahu bahwa kau tahu

ya..rabb…
hadirkan hatiku dalam sholatku
jangan biarkan hati ini liar
wahai dzat yang dapat membalikkan hati
tetapkan hatiku pada-Mu
agar aku tak malu
saat ku tengadahkan tangan dalam doaku



Bilik Surga, 2009

Siapakah Aku?
By: A.sholihin

Aku angkuh dalam nafas yang tak ku sadari
Adalah anugerah dari kasih-Mu
Sempurna aku dalam cipta-Mu
Di antara ciptaan selain diriku
Tapi syukur yang jadi hal wajibku
Sedikitpun tak pernah aku lakukan


Kau cipta aku hanya untuk beribadah
Tapi aku selalu sombong dalam tiap langkah
Aku selalu mengeluh meratap
Saat kau tegur aku dengan sedikit rasa sakit saja
Tapi sadar itu tak kunjung ada
Oh…siapakah aku?
Aku iri pada malaikat-Mu…
Tap masih ada manusia yang lebih sempurna
Dari malaikat yang Kau cipta
Hanya untuk mensucikanmu

Ya Allah…
Istigfar seperti apa yang pantas buatku…
Aku terlalu hina tuk sekedar menyebut nama-Mu
Siapakah aku?
Yang tak kenal siapa Tuhanku
Dan untuk apa aku dicipta?


Bilik Surga, 2009

Cahaya Dalam Sujudku

Saat aku berusaha mendekat pada-Mu
Dalam sepinya malam itu
Aku melihat cahaya terang
Terang sekali
Mengalahkan sinar matahari

Tak tahu cahaya apakah itu?
Adakah itu dari-Mu
Tanda Engkau menyambutku?
tipu daya iblis dan syetankah?
Yang tak rela aku dekat dengan-Mu

Aku terlalu banyak dosa untuk keindahan itu
Keindahan yang aku sendiri tak tahu
Dari mana datangnya
Entah ujian apa lagi ini
Adakah ini taruhan keimananku
Ketika aku dihadapkan pada keindahan ini

Oh…betapa bodohnya aku
Ya…rabb
Jangan biarkan aku tersesat
Dalam keraguan misteri cahaya
Yang hadir dalam sujudku malam itu…







Tidak ada komentar:

Posting Komentar